Cara Bermain Bulutangkis / Badminton Yang Benar

Selama ini apakah Anda sering main badminton tapi jarang menang? Anda mungkin bertanya-tanya penyebabnya, mengingat Anda sudah sering bermain/ latihan.  Faktanya latihan rutin saja tidaklah cukup, setiap pemain juga perlu tahu bagaimana teknik bermain bulutangkis yang benar itu. Nah, pada ulasan kali ini, kita akan menilik bersama bagaimana sih cara bermain bulutangkis yang benar itu. 

  1. Cara Memegang Raket Yang Benar
Cara Memegang Forehand

Pertama-tama yang harus diketahui adalah memegang raket tidak boleh asal pegang/ sembarangan, ada tekniknya. Anda harus menguasaibagaimana teknik memegang raket yang benar itu. Hal ini sangat krusial karenamenentukan kualitas tangkisan yang dihasilkan.

Secara umum, memegang raket berbeda dari seperti ketika menggenggam golok. Raket mesti dipegang memakai ruas jari tangan. Kondisi cengkeramannya juga harus luwes dan santai – tidak boleh terlalu rapat.

2. Teknik Pijakan Kaki

Bagaimana kaki bergerak atau berpijak ketika menyerang, bertahan, maupun melompat sangatlah penting. Selain untuk menjaga kestabilan posisi tubuh, menguasai teknik pijakan kaki juga dapat menjauhkan dari cedera sekaligus sebagai dasar kecepatan bergerak.

Pastikan kaki terbuka dan tak terlalu berdekatan posisinya, boleh sejajar, atau kaki yang satu di depan lainnya. Pilih saja posisi yang nyaman karena setiap pemain tidak sama.

3. Cara Berdiri di Lapangan

Menariknya, cara berdiri di lapangan juga menentukan potensi menang-tidaknya. Kuncinya adalah selalu tekuk kedua lutut dan berpijaklah pada ujung kaki (bukan telapak). Posisi ini menjaga pinggang tegak serta rileks. Tujuannya adalah supaya badan seimbang. Anda juga bisa bereaksi dengan cepat sekaligus mampu menghasilkan pukulan yang powerful.

Buka kedua kaki selebar bahu seperti disampaikan di teknik pijakan kaki tadi. Untuk tangan, tekuk siku di sisi tubuh agar lengan atas tangan yang memegang raket tetap leluasa digerakkan. Pastikan pula posisi daun raketnya lebih tinggi dari kepala.

4. Posisi Saat Menangkis

Tak cukup hanya waspada, pemain juga perlu belajar membaca arah ke mana kok akan mendarat. Ya tentu saja hal ini perlu dilatih. Di samping itu, pemegang raket yang menggunakan tangan kanan dapat melatih posisi berikut:

Overhead – arahkan badan menyamping terhadap net dengan kaki kiri di depan kaki kanan. Alihkan bobot tubuh ke kaki kiri ketika menangkis kok.

Underand – kaki kanan harus selalu di depan kaki kiri, dan tekuk lutut kanan. Seberapa rendah? Hal itu tergantung dari seberapa tinggi kok yang akan ditangkis.

5. Cara Menangkis

Soal cara memukul kok ini ada beberapa teknik yang perlu dipelajari dan dilatih, beberapa di antaranya yang terkenal adalah cara servis, smash, netting (dekat net), overhead (tangkisan di atas kepala), underhand (dari bawah), serta drive (cepat dan datar).

Jadi itulah tadi beberapa tips mengenai cara bermain bulutangkis yang benar. Selama berlatih!